PEMROGRAMAN DESKTOP, WEB, DAN MOBILE

Pemrograman desktop dibagi 3 yaitu .Net, Java dan Delphi. Bahasa pemrograman .Net yaitu Visual Basic (VB), C++ dan C sharp. Sedangkan pemrograman web dibagi 3 yaitu PHP, ASP dan HTML. Dan untuk pemrograman mobile yang digunakan adalah J2ME.
Tiap pemrograman memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Kelebihan pemrograman desktop yaitu tidak perlu online dalam menjalankannya, sedangkan kekurangannya yaitu harus menginstal programnya atau memakan space hardisk. Untuk pemrograman web mempunyai kelebihan yaitu tidak perlu menginstal program  ( cukup browsing di internet ) tetapi kekurangannya yaitu harus online. Pemrograman mobile kelebihannya yaitu praktis ( dapat dijalankan dimana saja ) sedangkan kekurangannya yaitu tampilan kecil dan fitur kurang lengkap.

 

  • PEMROGRAMAN DESKTOP

1.  NET

NET merupakan sebuah bahasa pemrograman yang memiliki ruang lingkup besar dan kompleks. Net dikembangkan oleh Microsoft sebagai sistem untuk mengembangkan aplikasi perangkat lunak.NET Framework dirancang Microsoft dengan terkait pengembangan bahasa-terutama C # dan Visual Basic-untuk mengatasi berbagai masalah yang dialami para pengembang perangkat lunak Windows dan user. Kelebihan .Net yaitu memungkinkan kita membuat aplikasi windows base  yang di launch melalui Internet Explorer  sehingga kita dapat memanfaatkan rich window component untuk aplikasi web sedangkan kekurangannya boros memori. Bahasa pemrograman .Net yaitu Visual Basic (VB), C++ dan C sharp (C #):

Microsoft Visual Basic.NET adalah sebuah alat untuk mengembangkan dan membangun aplikasi yang bergerak di atas sistem .Net Framework, dengan menggunakan bahasa basic. Microsoft Visual Basic (sering disingkat sebagai VB) merupakan sebuah bahasa pemrograman yang bersifat event driven dan menawarkan Integrated Development Environment (IDE) visual untuk membuat program aplikasi berbasis sistem operasi Microsoft Windows dengan menggunakan model pemrograman Common Object Model (COM).

C++ dikembangkan di Bell Labs (Bjarne Stroustrup) pada awal tahun 1970-an . C++ merupakan bahasa pemrograman yang memiliki sifat oop.

C# (dibaca: C sharp) merupakan sebuah bahasa pemrograman yang berorientasi obyek yang dikembangkan oleh Microsoft sebagai bagian dari inisiatif kerangka .Net Framework.

 

2.  JAVA

Java’ adalah bahasa pemrograman yang dapat dijalankan di berbagai komputer termasuk telepon genggam. Dikembangkan oleh sun microsystem dan diterbitkan tahun 1995. Fitur pada Java yaitu Java virtual machine (jvm), garbage collection, code security. Kelebihan dari Java adalah multiplatform, perpustakaan kelas yang lengkap, bergaya C++, pengumpulan sampah otomatis. Kekurangan Java adalah tulis sekali, perbaiki di mana saja, mudah didekompilasi, penggunaan memori yang banyak.

 

3.  DELPHI

DELPHI adalah sebuah perangkat lunak (bahasa pemrograman) untuk membuat program / aplikasi komputer berbasis windows. Bahasa pemograman berbasis objek, artinya semua komponen yang ada merupakan objek-objek.  Ciri sebuah objek adalah memiliki nama, properti dan method/procedure. Komponen-komponen yang ada tidak hanya berupa teks (yang sebenarnya program kecil) tetapi muncul berupa gambar-gambar. Keuntungan dari DELPHI yaitu komunitas pengguna yang besar pada usenet maupun web, dapat mengkompilasi menjadi single executable, memudahkan distribusi dan meminimalisir masalah yang terkait dengan versioning, banyaknya dukungan dari pihak ketiga terhadap VCL (biasanya tersedia berikut source codenya) ataupun tools pendukung lainnya (dokumentasi, tool debugging), optimasi kompiler yang cukup cepat, mendukung multiple platform dari source code yang sama. Kekurangan dari DELPHI adalah partial single vendor lock-in (Borland dapat menetapkan standar bahasa, kompatibilitas yang harus mengikutinya), terbatasnya kamampuan portabilitas antar-platform OS (sebelum ada kylix), akses pada platform dan library pihak ketiga membutuhkan file-file header yang diterjemahkan ke dalam bahasa pascal, dokumentasi atas platform dan teknik-teknik yang menyertainya sulit ditemukan dalam bahasa pascal (contoh akses COM dan Win32).

 

  • PEMROGRAMAN WEB

1.  PHP

PHP adalah bahasa pemorgraman yang memungkinkan para web developer untuk membuat aplikasi web yang dinamis dengan cepat. PHP merupakan singkatan dari “PHP: Hypertext Preprocessor”. Kelebihan dari PHP yaitu bahasa script yang tidak melakukan sebuah kompilasi dalam penggunaanya, web server yang mendukung PHP dapat ditemukan dimana – mana, pengembangan lebih mudah ( banyak milis dan developer ), bahasa scripting yang paling mudah karena memiliki referensi yang banyak, open source, lebih mudah dan cepat daripada ASP, coding-nya relatif  lebih mudah  dipelajari, API sangat lengkap ( framework2 yang sangat praktis,cepat dan efisien dalam membangun aplikasi PHP). Kekurangan dari PHP yaitu encoding harganya mahal, misal membeli phpEncoder dari Zend.Com, kalau memakai encoder lain harus memasang plugin dulu di server.

2.  ASP.NET

ASP.NET merupakan sebuah sarana baru untuk membangun halaman-halaman web site yang interaktif yang memungkinkan pengguna dapat berinteraksi dengan cara yang sangat mudah dan menakjubkan.  ASP.NET merupakan salah satu teknologi yang bekerja dengan sistem client-server model dimana dua atau lebih komputer bekerja sama, mengambil informasi dan mengirim informasi. ASP.NET memilki kelebihan yaitu sintaksnya tidak rumit, koneksi ke database mudah, bisa mengeksekusi prosedur tersimpan jika databasenya pakai sql server, cocok untuk under windows developer, bisa mengeksekusi stored procedure sql server, bahasa yang bisa dipakai  VBScript, JScript, dan Perl, session management yang bagus, punya OPTION EXPLICIT untuk penghematan memori, lebih stabil diserver windows, encoder scriptnya gratis disediakan oleh Microsoft. Kekurangan ASP.NET adalah memakan banyak space hardisk buat menjalankan aplikasi-aplikasinya, kurang maintanable, prosesnya cukup berat dan terkenal lambat, jika konek ke hal lain menggunakan ASP butuh untuk membuat connection string, tidak murah alias mahal, dari keamanan bug ::$DATA yang memungkinkan pengunjung melihat kode sumber sebuah halaman, komunitasnya lebih sedikit.

3.  HTML

HTML adalah semacam bahasa penkodean bukan sebagai bahasa pemrograman. Hypertext Mark Up Language : bahasa penformatan untuk membuat halaman yang dapat delink atau bahasa yang digunakan menformat halaman web. Dokumen HTML disebut mark up language, karena berisi tanda-tanda (tag) tertentu yang digunakan untuk menentukan tampilan suatu teks dan tingkat kepentingan dari teks tersebut dalam suatu dokumen. Kelebihan dari HTML adalah merupakan bahasa penkodean yang lintas platform (cross platform), dapat disisipi gambar baik gambar statis ata dinamis (animasi) termasuk menggunakan gambar untuk dijadikan hyperlink, dapat disisipi animasi berupa Java Applet atau file-file animasi dari Macromedia Flash atau Macromedia Shockwave, dapat disisipi bahasa pemrograman untuk mempercantik halaman web seperti Javascript, VBScript, Active Server Pages, Perl, Tcl, PHP dan sebagainya, bukan merupakan bahasa pemrograman jadi tidak memerlukan kompiler; cara menjalanakannya cukup dengan menggunakan browser. Kekurangan dari HTML adalah karena menghasilkan halaman yang statis, maka untuk memperoleh halaman yang dinamis harus menggunakan bahasa pemrograman tertentu seperti Javascript atau VBScript dan animasi seperti Flash atau Shockwave, memiliki tag-tag yang begitu banyak sehingga susah dipelajari untuk yang masih awam, tidak dapat menghasilkan halaman yang interaktif.

  • PEMROGRAMAN MOBILE

1.  J2ME

J2ME adalah satu set spesifikasi dan teknologi yang fokus kepada perangkat konsumen. Program J2ME diterjemahkan oleh VM. Program-program tersebut dikompile ke dalam bytecode dan diterjemahkan dengan Java Virtual Machine(JVM). Ini berarti bahwa program-program tersebut tidak berhubungan langsung dengan perangkat. Inti dari J2ME terletak pada configuration dan profile-profile. Suatu configuration menggambarkan lingkungan runtime dasar dari suatu sistem J2ME. Ia menggambarkan core library, virtual machine, fitur keamanan dan jaringan. Kelebihan J2ME adalah menyediakan suatu interface yang sesuai dengan perangkat. Kekurangan J2ME yaitu memiliki jumlah memori yang terbatas, menghabiskan sedikit daya dari baterei, layar yang kecil, bandwith jaringan yang rendah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s